Articles

Find Our Latest News

Tradisi Tahun Baru Imlek yang Bisa Dilakukan saat Pandemi Covid-19

Tradisi-Tahun-Baru-Imlek-yang-71.jpg

Tahun Baru Imlek merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Tionghoa. Namun perayaan yang meriah layaknya perayaan hari raya kini harus digelar dengan cara yang berbeda. Wabah Covid-19 yang sedang melanda negeri kini mengharuskan semua orang untuk tetap menjalan protocol kesehatan dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna meminimalisir penyebaran virus. Pemerintah pun menghimbau untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan cara-cara yang sederhana dan tetap menerapkan protocol kesehatan. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk merayakan Imlek di tengah pandemi Covid-19:

Rayakan Bersama Keluarga Inti yang Tinggal Satu Rumah

Kebiasaan berkumpul dan bersilahturahmi yang biasa dilakukan setiap tahunnya kini sebaiknya dilakukan secara virtual saja. Hal ini merupakan bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Bersih-bersih Rumah

Selain membuat rumah sehat dan nyaman, membersihkan rumah juga dapat sebagai bentuk membuang segala keburukan yang mendatangkan kesialan. Kegiatan bersih-bersih rumah biasanya dilakukan satu hari menjelang Imlek, sehingga dapat memulai tahun baru dengan lebih baik.

Dekorasi Rumah dengan Warna Merah

Mendekor rumah dengan warna merah melambangkan sesuatu yang kuat, sejahtera, dan membawa keberuntungan, seperti men-cat ulang dinding, pintu dan jendela, kemudian ditempeli kertas yang bertuliskan kalimat atau kata-kata baik. Menurut mitologi Tahun Baru Imlek, warna merah juga dipercaya dapat mengusir Nian atau sejenis makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung yang keluar saat musim semi atau saat tahun baru Imlek.

Melaksanakan Ibadah Secara Sederhana

Mengikuti himbauan pemerintah, kegiatan ibadah perayaan Imlek tahun ini dapat dilaksanakan secara sederhana atau secara virtual. Perayaan Imlek kali ini juga dapat dijadikan sebuah momentum untuk melakukan refleksi diri sekaligus turut mendoakan agar bangsa Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi COVID-19.

Mengirim Angpao Secara Digital

Angpao merupakan salah satu yang identik dengan perayaan Imlek. Angpao yang biasanya diberikan oleh orang yang lebih tua kepada yang lebih muda dan belum menikah ini menjadi tradisi yang tak terpisahkan. Dengan keterbatasan jarak dan mudahnya akses internet kini angpao dapat dikirimkan secara digital. Sehingga tradisi tetap dapat dijalani meskipun tetap menjalankan protocol kesehatan.

Masih banyak lagi tradisi-tradisi lainnya yang memiliki nilai budaya dan nilai luhur yang menggambarkan perayaan hari besar Imlek. Semoga MKGFriends tetap dalam keadaan sehat dan semoga di tahun yang baru kita selalui dipenuhi berkat. Gong Xi Fa Cai!

Share This Post