Articles

Find Our Latest News

Tips jalani puasa dengan tubuh yang fit dan sehat

Tips-jalani-puasa-dengan-tubuh-40.jpg

Memasuki bulan Ramadhan tahun ini MKG Friends tentu harus mempersiapkan diri lebih dari biasanya. Menjaga tubuh tetap fit dan sehat saat menjalani ibadah puasa sambil tetap aktif bekerja atau aktivitas lainnya sangat penting untuk diperhatikan, terlebih saat ini pandemi COVID-19 juga masih belum sirna. Nah, agar daya tahan tubuh tetap optimal dan fit selama WFH dan puasa, berikut beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan ya MKG Friends!

  1. Jangan Lewatkan Sahur

    Makan sahur adalah salah satu kunci untuk bisa tetap fit selama WFH dan berpuasa. Sama halnya seperti sarapan pagi, sahur bermanfaat untuk menjaga asupan energi selama seharian berpuasa, Jadi, jangan sampai telat bangun loh MKG Friends!


  2. Kurangi Kafein

    Selama berpuasa, ada baiknya kamu menghindari kafein. Sebab, kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang. Cobalah kurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa.

  3. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

    Meski banyak yang bilang `berbukalah dengan yang manis`, maksudnya bukan berarti kamu bisa makan dan minum manis seenaknya. Mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa memang penting untuk menormalkan gula darah. Namun, porsinya perlu diperhatikan. Sebab, tanpa disadari, mengonsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan selama bulan puasa justru akan memicu kenaikan berat badan, jadi jangan kalap ya MKG Friends


  4. Olahraga

    Puasa bukan jadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik. Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang setelah berbuka puasa, atau saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya. Lakukanlah olahraga ringan selama 30 menit, misalnya jalan kaki, bersepeda, jogging ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu. Yuk MKG Friends jangan mager!

  5. Tidur yang Cukup

    Pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting selama beraktifitas dan berpuasa. Jika kamu harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka jangan begadang di malam harinya dan usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya ya MKG Friends. Sebab, kurang tidur dapat memengaruhi kinerja otak, sehingga menghambat aktivitas nantinya.


Share This Post