Articles

Find Our Latest News

Beberapa Makna Menarik dari Tradisi Telur Paskah

Beberapa-Makna-Menarik-dari-Tradisi-65.jpeg

Perayaan Paskah yang dirayakan oleh umat kristiani memiliki beberapa tradisi yang sudah turun temurun sejak dulu. Trandisi ini kemudian menjadi simbol yang identik dengan perayaan kebangkitan Isa Almasih ini seperti telur hias. Dikutip dari Financial Times, coklat yang dibentuk menyerupai telur paskah bahkan sudah diproduksi sejak tahun 1873. Lalu apakah makna telur yang menjadi simbol identik dengan perayaan kebangkitan Isa Almasih ini? Berikut beberapa makna menarik dibalik telur hias tersebut:


  1. Sejak zaman dulu, banyak budaya dari berbagai negara yang memandang telur sebagai simbol kehidupan karena menjadi kelahiran bagi hewan-hewan tertentu sehingga filosofi dibalik simbol kehidupan ini membuat telur hias bukan hanya sekedar hiasan maupun makanan belaka. Telur mungkin tidak bergerak, namun di dalam telur tetap memiliki kehidupan yang nyata hingga telur menetas.
  2. Hiasan telur paskah sering kali menggambarkan kisah perjalanan hingga kebangkitan Isa Almasih, contohnya dengan cat berwarna merah yang melambangkan darah Kristus.
  3. Telur bergulir yang sering dijadikan kompetisi sebagai salah satu bagian dari perayaan yang seru menjadi simbol dari bergulirnya batu makam Kristus.
  4. Tradisi pra-paskah yang dijalankan dengan melakukan puasa selama 40hari juga memiliki makna yang menarik. Sejak ratusan tahun lalu banyak umat kristiani yang menjalani puasa untuk tidak memakan semua jenis produk hewani, dan menyelesaikan ibadah puasa dengan dengan memakan telur sebagai simbol awal kehidupan ketika di perayaan Paskah.

Bagaimana dengen MKG Friends? Apakah banyak diantara MKG Friends yang melakukan tradisi menghias telur ketika Hari Paskah? Anyway, Happy Easter Everyone!

Share This Post