Fashion, Food, and Entertainment Center

Opening Hours Mal : 10.00 - 22.00 WIB

Sentuhan Jadul Gaya Retro

Berasal dari kata retrograde dalam Bahasa Inggris yang berarti mempunyai kaitan dengan gaya masa lalu, gaya retro pernah populer pada tahun 1930-1970an. Ciri khas gaya retro adalah sifatnya yang atraktif dan warna yang diterapkan memiliki unsur kejadulan dengan tujuan memberikan sentuhan klasik dan memunculkan memori pada masa lalu. Tapi jangan samakan gaya retro dengan gaya vintage ya Blovers.

Karena gaya vintage muncul lebih dulu daripada gaya retro dan gaya vintage didominasi warna-warna hangat seperti coklat, sedangkan gaya retro warna yang beragam namun sedikit pudar seperti warna hijau laut, mint, pink, merah ceri, kuning mentega, oranye, dan lain-lain.

Pada masanya, gaya retro memiliki beberapa jenis yang berkembang. Salah satunya Retro Art Deco. Retro jenis ini menekankan pada bentuk furniture lebih simpel misal berbentuk lingkaran, kotak, dan segitiga dengan tambahan garis yang tegas, simpel tanpa lekuk rumit, berkaki pendek dan membesar ke arah horizontal. Untuk bahannya menggunakan kayu solid dengan aksentuasi besi, kuningan, atau logam. Warna dinding hijau mint, krem, kuning gading, beige, dan abu-abu muda.

Retro Seventies merupakan evolusi dari Art Deco. Jenis retro ini tidak serumit seperti sebelumnya Blovers namun cenderung bernuansa gelap. Warna tanah yang dipakai pada jenis ini bersifat natural dan hangat.

Selain itu, ada jenis Retro Pop Art yang memiliki ciri khas dari bentuk dan gaya yang tajam serta unik. Warna yang diterapkan untuk gaya ini sangat beragam sehingga menghasilkan tampilan yang berbeda dari gaya retro yang lain.

Pemilihan furniture sangat diperlukan untuk mendukung kesan retro yang dihasilkan dan kamu bisa menciptakannya sesuai kreativitas kamu. Contohnya, carilah furniture berbentuk melengkung, wallpaper pattern, atau berikan hiasan dinding dengan pigura kayu. Jika kamu mempunyai koleksi furniture antik tahun 1970an seperti piringan hitam, jangan segan-segan untuk meletakkannya di ruangan rumahmu karena tentu kesan masa lalunya lebih terasa. Tambahkan tanaman hias sebagai pemanis dalam rumah bergaya retro.