Fashion, Food, and Entertainment Center

Opening Hours Mal : 10.00 - 22.00 WIB

Manfaat Panjat Tebing untuk Kesehatan

Salah satu cabang olahraga yang banyak menyumbang medali emas bagi kontingen Indonesia di Asian Games 2018 lalu merupakan salah satu cabang olahraga ekstrim dan penuh tantangan. Pasalnya olahraga ini biasanya dilakukan di alam terbuka seperti gunung dan bebatuan. Akan tetapi, ada juga panjang tebing menggunakan dinding atau disebut panjat dinding. Terbagi menjadi dua jenis, yang pertama Wall Climbing dan kedua Rock Climbing. Wall Climbing menggunakan dinding sebagai media panjat dan Rock Climbing memanjat bebatuan dan biasanya tingkat kesulitan serta resiko yang dihadapi lebih besar.

Jenis olahraga ini sangat berat dan penuh tantangan, karena di saat Blovers merasa lelah tentu tidak dapat beristirahat dulu seperti olahraga lainnya, karena jika sudah beristirahat tentu akan membuang waktu dan merasa lebih lelah disebabkan bobot Blovers sendiri sudah menjadi beban. Bagi Blovers pecinta tantangan dan olahraga esktrim mungkin panjat tebing ini dapat menjadi pilihan. Pasalnya dari banyaknya resiko dan tantangan yang dihadapi, banyak juga manfaat yang didapatkan untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat yang pertama adalah meningkatkan massa otot. Dengan olahraga ini, semua otot dalam tubuh Blovers akan bekerja secara keras dan maksimal, tentu jika dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin dapat menambah massa otot. Kedua, menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan kinerja jantung. Panjat tebing membutuhkan daya tahan tubuh yang fit dan dengan sendirinya jika dilakukan secara efektif serta berkala tentu akan meningkatkan daya tahan tubuh, begitupun dengan kinerja jantung yang bekerja lebih keras sehingga memompa darah ke seluruh bagian tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi peredaran darah.

Sebelum Blovers memutuskan untuk mengikuti olahraga panjat tebing, alangkah baiknya mencari tahu beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan untuk memanjat. Seperti peralatan yang harus disiapkan, cara menyimpulkan tali, dan kesiapan fisik yang baik. Jangan terlalu memaksakan diri karena justru akan menimbulkan resiko besar dan cidera pada anggota tubuh yang tentunya tidak kita inginkan.