Articles

Find Our Latest News

Warna Pelangi di Makanan Sehari-hari

warna-pelangi-di-makanan-sehari-hari1-17624.jpg

Makanan sehat dan alami dibutuhkan tubuh untuk mencukupi kebutuhan akan nutrisi-nutrisi penting. Tapi tahukan Blovers bahwa warna berbeda-beda yang terdapat dalam makanan ternyata menunjukkan kandungan nutrisi berbeda-beda juga.

Merah
Bahan makanan yang berwarna merah banyak mengandung lycopene, ellagic acid, quercedin, hesperidin. Nutrisi-nutrisi tersebut penting untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya serta membantu melawan kanker dan mencegah infeksi. Bahan makanan berwarna merah : tomat, semangka, kacang merah, bayam merah, beras merah, paprika, anggur merah, ceri, dll.

Kuning
Warna kuning pada bahan makanan alami seperti lemon kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Kandungan flavanoidnya juga dapat menghambat pertumbuhan sel tumor serta dapat melakukan detoksifikasi terhadap zat-zat berbahaya dalam tubuh. Bahan makanan yang berwarna kuning diantaranya : lemon, paprika kuning, nanas, pisang, jagung, dll.

Oranye
Beta carothene dan alpha carotene yang terkandung dalam bahan makanan berwarna oranye sangat berguna untuk membentuk vitamin A secara aktif untuk membantu menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Bahan makanan yang berwarna oranye alami : wortel, labu, mangga, blewah, papaya, aprikot.

Ungu/Kebiruan
Kandungan antioksidan pada makanan warna ungu/kebiruan sangat tinggi yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan jantung, memperlambat proses penuaan, serta mengoptimalkan fungsi otak. Dapatkan nutrisi ini didalam makanan blackberry, blueberry, terong, anggur, cranberry, plum, dll.

Putih
Kandungan serat yang tinggi pada makanan berwarna putih menjadikannya wajib dikonsumsi setiap hari. Serat berfungsi untuk mengikat lemak jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Bahan makanan berwarna putih yang bisa dikonsumsi tiap hari : jamur, kembang kol, lobak, tauge, sawi putih, dll.

Hijau
Kandungan klorofil, magnesium, folat, beta carotene yang terdapat pada makanan berwarna hijau merupakan unsur penting yang dapat menghambat pembentukan zat karsinogen atau pemicu kanker. Untuk itu makanlah sayuran hijau seperti kangkung, pokcoy, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Semakin gelap warna hijau pada sayuran maka semakin banyak juga kandungan klorofil dan zat antioksidannya.


Share This Post