Articles

Find Our Latest News

5 Tips Tepat Menabung

Cara menabung yang benar termasuk hal yang perlu diketahui hampir semua orang. Meski kerap digaungkan sebagai salah satu penentu kebahagiaan dimasa depan, menabung ternyata tak semudah seperti yang dibayangkan. Padahal kalau kamu cermat mengontrol dan menyimpan uang, bukan hanya memiliki cadangan atau simpanan saja, tetapi kamu bisa mendapatkan kemudahan dan manfaatnya dikemudian hari. Simak 5 Tips Tepat Menabung berikut dan rasakan sendiri di kemudian hari.

Buat Anggaran
Jika sudah menyisihkan uang tabungan kamu, jangan lupa untuk catat semua kebutuhan yang diperlukan per bulan selama satu tahun. Penganggaran yang sistematis akan membantu untuk memprioritaskan pengeluaran dan menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan menabung sepanjang tahun.

Buatlah Tujuan
Dengan adanya tujuan yang diimpikan, kamu akan semakin terarah, bersungguh-sungguh, dan tetap fokus mengejar impian. Tujuan yang jelas akan membuat kamu lebih efektif ketimbang menabung tanpa motivasi dan keinginan yang kuat. Jangan lupa juga untuk menetapkan tujuan yang jelas dan dapat diukur pencapaiannya.

Lunasi Semua Hutang
Sebelum memutuskan untuk menabung, ada baiknya untuk melunasi segala utang terlebih dahulu. Utang akan menjadi beban pikiran tersendiri apabila tidak segera dilunasi dan justru membuat keuangan semakin tercekik. Dengan bebasnya dari segala kewajiban membayar utang maka kamu bisa semakin fokus menyisihkan uang untuk ditabung.

Menabung di Awal
Ketika waktu gajian, sebaiknya kamu pisahkan uang untuk ditabung sebelum menggunakan sisanya untuk kebutuhan lain. Namun sebelumnya, tentukan dulu berapa persen uang yang akan dimasukkan dalam pos tabungan karena penentuan nominal yang tidak realistis atau salah perhitungan biasanya menjadi penghambat orang untuk menabung. Mulailah menabung setidaknya sepuluh persen dari gaji.

Catat Pengeluaran
Setelah mencatat anggaran kebutuhan, jangan sampai lupa untuk juga mencatat detail pengeluaran setiap bulannya. Jika pengeluaran tidak sesuai dengan anggaran, cek dan identifikasi apa yang membuat Blovers tidak menaati anggaran tersebut.

Share This Post